Minggu, 11 November 2012


Tips dan trik agar Karburator lebih awet


Tips dan trik agar karburator awet sebenarnya sangat sederhana, dimulai dari perawatan rutin. Dari perawatan rutin tersebut pasti karburator tidak akan mudah rewel atau bermasalah, berikut adalah cara perawatan karburator sepeda motor:
·                  Cek tanki bensin. Ingat, cari SPBU resmi, bukan warung bensin pinggir jalan, untuk menghindari bensin campuran yang bikin motor kita tambah rusak (kecuali kepepet).
·                  Cek saluran bahan bakar, yang biasanya sering tersumbat kotoran atau kerak dari bahan bakar.

  • Cek karburator : Tutup saluran intake karburator dengan tangan sambil menyalakan motor, kalau tangan terasa basah karena ada percikan bensin, berarti kondisi karburatornya masih bagus. Dan kalau hanya sedikit percikan atau tidak ada sama sekali, kemungkinan saluran karburator buntu karena ada kerak atau kotoran. Kalau terjadi seperti hal ini maka karburator perlu dibersihkan.
  • Cek kotoran yang menempel di filter udara, yang bisa menghambat masuknya aliran udara.
·         Cek businya : Lepas busi dari tempatnya, kalau tidak ada percikan api dari busi maka busi harus di perbaiki, dan kalau sudah tidak bias diperbaiki maka busi harus di ganti dengan busi yang baru agar tidak menggangu kinerja karburator.
·         Jangan memanaskan motor Anda pada keadaan dingin dengan langsung menarik throtel, biarkan mesin dalam keadaan idle (karena menarik throtel/ ditarik gasnya berarti mesin dipaksakan mencapai suhu yang panas dalam waktu yang singkat, hal seperti ini akan merusak komponen-komponen dalam motor dan mesin akan semakin sulit hidup).