Rabu, 19 Desember 2012

SEL SURYA

PENGERTIAN SEL SURYA
Sel surya berbasis silikon. Teknologi ini cukup mahal, sehingga sulit untuk diaplikasikan dalam teknologi sel surya berkembang dari tahun ke tahun. Teknologi pertama yang berkembang adalah skala industri. Sel surya pada dasarnya adalah suatu elemen aktif yang mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Indonesia sendiri merupakan negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa dan menerima panas matahari yang lebih banyak daripada negara lain, sehingga mempunyai potensial yang sangat besar untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya. Berbagai instalasi sel surya telah banyak dipakai walaupun hanya pada beberapa golongan masyarakat mampu. Teknologi ini termasuk teknologi ramah lingkungan.
Gambar fisik sell



KOMPONEN SEL SURYA
Bahan sel surya sendiri terdiri dari mika pelindung dan material adhesive transparan yang melindungi bahan sel surya dari keadaan lingkungan, material anti-refleksi untuk menyerap lebih banyak cahaya  dan mengurangi  jumlah cahaya yang dipantulkan. Sel surya merupakan suatu pn junction dari silikon kristal tunggal. Dengan menggunakan photo-electric effect dari bahan semikonduktor, sel surya dapat langsung mengkonversi sinar matahari menjadi listrik searah (dc).
Gambar komponen pembangun sel surya
                                                                                                                                                                                       material adhesive                                    mika pelindung       


CARA KERJA SEL SURYA 
Bila sel surya itu dikenakan pada sinar matahari, maka timbul yang dinamakan elektron dan hole. Elektron-elektron dan hole-hole yang timbul di sekitar pn junction bergerak berturut-turut ke arah lapisan n dan ke arah lapisan p. Sehingga pada saat elektron-elektron dan hole-hole itu melintasi pn junction, timbul beda potensial pada kedua ujung sel surya. Jika pada kedua ujung sel surya diberi beban maka  timbul arus listrik yang mengalir melalui beban.Bahan dan cara kerja yang aman terhadap lingkungan menjadikan sel surya sebagai salah satu hasil teknologi pembangkit listrik yang efisien bagi sumber energi alternatif masyarakat di masa depan.
Gambar cara kerja
 cara kerja sederhana sel surya

APLIKASI SEL SURYA
Sebelum mendisain sistem energi alternatif yang memanfaatkan sel surya, sebaiknya anda mempertimbangkan

Gambar aplikasi sel surya
           aplikasi sederhana penggunaan sel surya

Gambar di atas memperlihatkan sistem energi listrik alternatif yang memanfaatkan sinar matahari. Pertimbangan-pertimbangan di atas di gunakan untuk mengetahui spesifikasi komponen yang akan di pasang pada sistem tersebut, sebab salah memilih komponen bisa menyebabkan sistem ini tidak bekerja dengan baik ( mudah rusak/tidak maksimal).

CONTOH PIRANTI YANG MENGGUNAKAN SEL SURYA
            Semua hal yang dijelaskan diatas merupakan sumber daya alam gratis dan tak akan pernah habis selagi matahari masih memancarkan sinarnya. Maka dari itu sel surya termasuk teknologi ramah lingkungan yang menjadi prioritas utama untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.