Sasaran evaluasi proses pembelajaran adalah pelaksanaan dan pengelolaan
pembelajaran untuk memperoleh pemahaman tentang strategi pembelajaran
yang dilaksanakan oleh guru/guru, cara mengajar dan media pembelajaran
yang digunakan oleh guru/guru dalam pembelajaran, serta minat, sikap dan
cara/kebiasaan belajar siswa/siswa.
1. Tahapan pelaksanaan evaluasi
Tahapan pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran adalah penentuan
tujuan, menentukan desain evaluasi, pengembangan instrumen evaluasi,
pengumpulan informasi/data, analisis dan interpretasi dan tindak lanjut.
2. Menentukan tujuan
Tujuan evaluasi proses pembelajaran dapat dirumuskan dalam bentuk
pernyataan atau pertanyaan. Secara umum tujuan evaluasi proses
pembelajaran untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: (1) Apakah
strategi pembelajaran yang dipilih dan dipergunakan oleh guru/guru
efektif, (2) Apakah media pembelajaran yang digunakan oleh guru/guru
efektif, (3) Apakah cara mengajar guru/guru menarik dan sesuai dengan
pokok materi sajian yang dibahas, mudah diikuti dan berdampak siswa/
siswa mudah mengerti materi sajian yang dibahas, (4) Bagaimana persepsi
siswa/siswa terhadap materi sajian yang dibahas berkenaan dengan
kompetensi dasar yang akan dicapai, (5) Apakah siswa/siswa antusias
untuk mempelajari materi sajian yang dibahas, (6) Bagaimana siswa/siswa
mensikapi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru/guru, (7)
Bagaimanakah cara belajar siswa mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan
oleh guru/guru.
3. Menentukan desain evaluasi
Desain evaluasi proses pembelajaran mencakup rencana evaluasi proses dan
pelaksana evaluasi. Rencana evaluasi proses pembelajaran berbentuk
matriks dengan kolom-kolom berisi tentang: No. Urut, Informasi yang
dibutuhkan, indikator, metode yang mencakup teknik dan instrumen,
responden dan waktu. Selanjutnya pelaksana evaluasi proses adalah
guru/guru mata pelajaran yang bersangkutan.
4. Penyusunan instrumen evaluasi
Instrumen evaluasi proses pembelajaran untuk memperoleh informasi
deskriptif dan/atau informasi judgemental dapat berwujud (1) Lembar
pengamatan untuk mengumpulkan informasi tentang kegiatan belajar siswa
dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru/guru dapat
digunakan oleh guru/guru sendiri atau oleh siswa/ siswa untuk saling
mengamati, dan (2) Kuesioner yang harus dijawab oleh siswa/siswa
berkenaan dengan strategi pembelajaran yang dilaksanakan guru/guru,
metode dan media pembelajaran yang digunkan oleh guru/guru, minat,
persepsi siswa tentang pembelajaran untuk suatu materi pokok sajian yang
telah terlaksana.
5. Pengumpulan data atau informasi
Pengumpulan data atau informasi dilaksanakan secara obyektif dan terbuka
agar diperoleh informasi yang dapat dipercaya dan bermanfaat bagi
peningkatan mutu pembelajaran. Pengumpulan data atau informasi
dilaksanakan pada setiap akhir pelaksanaan pembelajaran untuk materi
sajian berkenaan dengan satu kompetensi dasar dengan maksud guru dan
siswa memperoleh gambaran menyeluruh dan kebulatan tentang pelaksanaan
pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk pencapaian penguasaan satu
kompetensi dasar.
6. Analisis dan interpretasi
Analisis dan interpretasi hendaknya dilaksanakan segera setelah data
atau informasi terkumpul. Analisis berwujud deskripsi hasil evalusi
berkenaan dengan proses pembelajaran yang telah terlaksana; sedang
interpretasi merupakan penafsiran terhadap deskripsi hasil analisis
hasil analisis proses pembelajaran.
Analisis dan interpretasi dapat dilaksanakan bersama oleh guru dan siswa
agar hasil evaluasi dapat segera diketahui dan dipahami oleh guru dan
siswa sebagai bahan dan dasar memperbaiki pembelajaran selanjutnya.
7. Tindak lanjut
Tindak lanjut merupakan kegiatan menindak lanjuti hasil analisis dan
interpretasi. Dalam evaluasi proses pembelajaran tindak lanjut pada
dasarnya berkenaan dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
selanjutnya dan evaluasi pembelajarannya. Pembelajaran yang akan
dilaksanakan selanjutnya merupakan keputusan tentang upaya perbaikan
pembelajaran yang akan dilaksanakan sebagai upaya peningkatan mutu
pembelajaran; sedang tindak lanjut evaluasi pembelajaran berkenan dengan
pelaksanaan dan instrumen evaluasi yang telah dilaksanakan mengenai
tujuan, proses dan instrumen evaluasi proses pembelajaran.